106 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak periode 2021-2027 Dilantik di Dua Tempat

106 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak periode 2021-2027 Dilantik di Dua Tempat

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id–Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim Dr.H. Nasrun Umar, S.H.,M.M (HNU) pada Rabu (22/12)  melantik secara resmi 44 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2021-2027 dari 6 Kecamatan yang meliputi wilayah Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Sungai Rotan, Kecamatan Lembak, Kecamatan Muara Belida, Kecamatan Kelekar dan Kecamatan Belida Darat yang digelar di Halaman Kantor Camat Gelumbang, lalu siang harinya sekitar pukul 14.00 Wib Pj.Bupati Muara Enim HNU kembali melakukan Pengambilan Sumpah Jabatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Desa Dalam Kabupaten Muara Enim periode 2021-2027 yang dipusatkan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Kabupaten Muara Enim, Rabu (22/12/2021) siang.

Pelantikan Kades hari ini merupakan hasil Pemilihan Kades (Pilkades) serentak di 20 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim yang telah di gelar beberapa bulan yang lalu. Adapun untuk pelantikan Kades yang dilantik di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim ini dari 14 wilayah kecamatan sejumlah 61 orang.
“Dengan segala kerendahan hati, saya ingin menyampaikan pada kesempatan ini ingin mengucapkan selamat kepada seluruh Kades yang terpilih melalui pesta demokrasi Pilkades serentak kabupaten Muara Enim tahun 2021. Saya juga ingin kepada Kades yang telah diambil sumpah jabatan pada hari ini harus memaknai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini adalah sebagai suatu Amanah dan Kepercayaan dari rakyat yang telah memilih. Oleh karenanya harus ada respon positif kepada masyarakat dan gunakan seluruh kemampuan bapak/ibu Kades sekalian,”ucap HNU mengawali sambutannya.
Ditambahkan HNU, semuanya bermuara dari bagaimana bisa memberikan pelayanan

terbaik pada masyarakat, dan kata kuncinya adalah kejujuran,keikhlasan,serta prestasi kerja kalian ketika sudah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Dan tanpa itu semua masyarakat yang merasakan bahwa mereka memiliki seorang Kades yang punya kwalitas dan memegang amanah yang telah diberikan kepada pundak bapak/ibu kades sekalian.
“Kalau sudah jujur, ikhlas dan berprestasi, tentu ada satu lagi yakni komitmen yang teguh dalam bagaimana rakyat itu selalu menjadi prioritas fikiran kita. Bagaimana rakyat itu harus menjadi satu pemikiran yang paling didepan agar mereka bisa merasakan bahwa ‘kami memiliki Kades’,”terang HNU.
“Sungguh saya ingin menyampaikan, izin Ketua DPRD, Forkopimda dan anggota dewan terhormat, saya tidak ingin mendengar disatu desa ada masyarakat yang termajinalkan/tersisi tidak dilayani kesehatannya, dan ini merupakan salahsatu prestasi yang tidak membanggakan buat seorang Kepala Desa. Dan dari berbagai desa yang telah saya kunjungi, ada salahsatu desa di daerah Gelumbang sebelah sana (bukan di Gelumbang, apakah Muara Belida atau Belida Darat,red), ada seorang ibu dan anaknya selama 21 tahun tidak pernah disentuh (tersentuh,red) oleh pelayanan kesehatan yang baik. Tinggal ditengah kebun karet, menjadi buruh sadap karet. Apakah ini bukan menjadi tanggung jawab kita semua? Jelas salah kalau jawabannya seperti itu. Jawabannya adalah “ada pundak kita” untuk menyelesaikannya permasalahan-permasalahan seperti itu,”ungkap HNU dengan lantang, yang langsung disambut tepuk tangan oleh para Kades dan tamu undangan yang hadir.
Dan yang terakhir lanjut HNU dirinya super bangga dengan proses Pilkades serentak kabupaten Muara Enim tahun 2021. “Saya apresiasi kepala dinas PMD dan Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim yang telah melaksanakan prosesi Pilkades Serentak ini dan diapresiasi oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang disampaikan melalui zoom meeting ataupun yang langsung kepada saya, bahwa pelaksanaan Pilkades serentak kabupaten Muara Enim tahun 2021 sebagai salahsatu pelaksana Pilkades serentak yang

terbaik di Indonesia,”ujar HNU.
“Oleh sebab itu tidak berlebihan kalau ia menyampaikan apresiasi yang besar kepada Sekda, Kadis PMD dan tentu juga kepada dewan terhormat dari unsur pimpinan sampai anggota, TNI Polri Dandim 0404, Kapolres, Kajari dan Pengadilan Negeri yang sama-sama peduli bagaimana menciptakan Pilkades dengan sukses dan baik. Terutama juga kepada para Camat, Kapolsek, Danramil, kemudian Kepala Desa yang mungkin sudah dua kali menjadi penyelenggara, Babinsa, Bhabinkantibmas dan seluruh pemangku kepentingan yang telah melaksanakan dengan sangat baik dan sukses,artinya masyarakat Muara Enim sudah dewasa menyelenggarakan penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkades, dan ini yang kita harapkan,”tutup HNU.
Turut hadir diacara tersebut, Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Pj Sekretarsi Daerah Kab.Muara Enim, Drs.Emran Tabrani, M.Si, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab.Muara Enim, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabuapten Muara Enim beserta para Ketua Organisasi Wanita Kab. Muara Enim, dan para Camat.(*)
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.