inilahmuaraenim.co.id

Musrenbang RKPD Wadah Koordinasi, Integrasi dan Sikronisasi Program Pembangunan

Muara Enim,  inilahmuaraenim.co.id-Sebagai Tahapan Akhir Penyusun Rencana Program Pembangunan Kabupaten Muara Enim pada Selasa (17/03/20) di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muara Enim melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Muara Enim dengan Tema “Muara Enim Unggul Berdaya Saing”.

Peserta Musrenbang


Peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2020 diikuti oleh dari seluruh unsur pemangku kepentingan, baik dari unsur Pemerintah dalam hal ini perangkat daerah, DPRD, BUMN,BUMS/BUMD, Perguruan Tinggi, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, Organisasi Profesi/Kemasyarakatan, Lembaga Sosial Masyarakat, dan Tokoh Masyarakat yang ada dalam Kabupaten Muara Enim, juga dihadiri dari Bappeda Kabupaten/Kota Tetangga, dengan jumlah peserta lebih kurang 400 orang. 

Kepala Bappeda Muara Enim Ramlan Suryadi saat membacakan laporannya

Kepala Bappeda Muara Enim Ir. H. Ramlan Suryadi, M.Si  dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang Kabupaten bertujuan mewujudkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi RKPD dalam melaksanakan prioritas-prioritas pembangunan.


“Musrenbang pada hari ini diharapkan  1. Mendapatkan masukan untuk penyempumaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif program kegiatan; 2. Mendapatkan rincian rancangan awal rencana kerja dan anggaran Perangkat Daerah; 3. Mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut Perangkat Daerah,” jelasnya

“Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan antara lain Menetapkan dan menyepakati arah kebijakan dan Prioritas Pembangunan serta pagu indikatif tahun 2021, Kegiatan prioritas dengan tolok ukur capaian kinerja menurut sumber pembiayaan, baik APBD, APBD Provinsi dan APBN,” lanjutnya”Sesuai dengan aturannya kita telah melaksanakan Musrendes, Musrenkec dan forum perangkat Daerah serta ditambahan dari masukan dari hasil reses anggota DPRD Kabupaten Muara Enim. 


“Sebagai motivasi dan apresiaai kepada OPD kita umumkan untuk Kinerja perencanaan pembangunan Daerah tingkat Kecamatan Tanjung Agung yang diterima oleh Saprihoma,  Non OPD BPKB oleh dr. Yan Riadi, Mars,” kata Ramlan

Plt. Bupati Muara Enim Juarsah Saat Menyampaikan Sambutannya

Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H menyampaikan bahwa dalam penyusunan pembangunan tahun 2021 mendatang ada 6 prioritas pembangunan diantaranya : 1. Penanggulangan kemiskinan, dan Pemantapan Infrastruktur Dasar, 2. Pemerataan layanan pendidikan, kesehatan yang berkualitas, 3. Pengembangan UMKM Unggul dan Industri Kreatif, 4. Penguatan ketahanan pangan 5. SDM Unggul dan Pelayanan Prima, 6. Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana.

“Prioritas pembangunan tersebut akan menjadi pedoman bagi kita semua dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah guna melaksanakan program kegiatan pada tahun 2021 yang akan datang, kata Juarsah kemudian

Juarsah menginstruksikan seluruh Perangkat Daerah mendukung RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 agar mempedomani peraturan perundang-undangan terbaru yang berlaku, sesuai dengan arahan Presiden yang tertuang di RPJMD Tahun 2020-2024 yang mencangkup pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transportasi Ekonomi.”Upaya penurunan angka kemiskinan si Kabupaten Muara Enim cukup berhasil khusus penduduk miskin dan menurut data BPS yakni 14,54 persen sedangkan tahun 2019  12,41 persen, lebih tinggi dari Provinsi Sumatera Selatan,” sambung Juarsah.


“Kinerja yang telah kita tersebut  capai dapat kita pertahankan  dan agar terwujud seperti tema kegiatan yakni Muara Enim Unggul berdaya Saing,” harapnya. (Adv/Ccn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *