Bupati Muara Enim Serahkan Penghargaan Pengelolaan Kearsipan Daerah Bagi OPD dan Kecamatan

Bupati Muara Enim Serahkan Penghargaan Pengelolaan Kearsipan Daerah Bagi OPD dan Kecamatan

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id-Seusai rapat staf bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Selasa petang (15/12) Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., Haji Juarsah memberikan penghargaan kepada OPD dan kecamatan yang berkategori baik dalam pengelolaan kearsipan daerah di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim. Penilaian ini didasarkan pada hasil audit internal oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim. Untuk OPD terbaik diraih oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan kecamatan terbaik diraih oleh Kecamatan Semende Darat Laut.

Bupati menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya audit kearsipan ini yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran, kepatuhan dan ketataatan OPD termasuk juga tiap kecamatan di Kabupaten Muara Enim dalam penyelenggaraan kearsipan yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Menurut Bupati pengeloaan kearsipan daerah merupakan indikator dan tolak ukur dalam penilaian kinerja pemerintah. Untuk itu dirinya meminta seluruh OPD agar terus meningkatkan pengelolaan arsip, mengingat tertib arsip menjadi indikator yang sangat penting dalam akuntabilitas kinerja birokrasi.

Berapa aspek yang diaudit di bidang kearsipan ini meliputi kebijakan kearsipan program kearsipan, pengelolaan arsip, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) Kearsipan, dan prasarana maupun sarana kearsipan. Adapun para peraih penghargaan sebagai berikut, Juara 1 Dinas Kepemudaan dan Olahraga; Juara 2 Badan Pendapatan Daerah; Juara 3 Dinas Pemadam Kebakaran & Penyelamatan; Harapan 1 Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa; Harapan 2 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah; dan Harapan 3 Badan Kepegawaian & SDM. Untuk kecamatan, Juara 1 Kecamatan Semende Darat Laut; Juara 2 Kecamatan Kelekar; Juara 3 Kecamatan Tanjung Agung; Harapan 1 Kecamatan Gunung Megang; Harapan 2 Kecamatan Lubai Ulu; Harapan 3 Kecamatan Lawang Kidul. [rilis]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *