Di Munas ADPM IV Bupati Muara Enim Minta Keterlibatan Daerah dalam Mengakses Data Lifting Migas

Bali, inilahmuaraenim.co.id-Sebagai salah satu daerah penghasil minyak dan gas bumi (Migas) di Indonesia, Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., Haji Juarsah pada Senin (21/12/20) turut menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) IV dengan agenda pemilihan ketua umum 2020 – 2025 yang berlangsung di Kuta, Bali. Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.Ud., terpilih sebagai ketua umum yang baru menggantikan Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Bupati merekomendasikan Ketua ADPM yang baru dapat mengakomodir aksesibilitas daerah dalam memonitor dan memantau volume produksi Migas yang menghasilkan penerimaan negara (lifting).

Setelah penetapan Ketua Umum ADPM oleh ketua sidang yang dipimpin oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani, S.H., diberikan pula kesempatan mengajukan usulan dari perwakilan anggota. Dihadapan para peserta, Bupati Muara Enim yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, S.E., Ken Arief dan Kepala Dinas Perdagangan, Syarpuddin, S.Sos., M.Si., Syarpuddin Pudin mengusulkan agar daerah penghasil Migas, seperti Kabupaten Muara Enim dapat mengetahui lifting secara akurat, termasuk aliran pendapatan pemerintah pusat yang nantinya menentukan dana bagi hasil daerah di sektor Migas. Lebih lanjut dirinya berharap adanya keterlibatan daerah dalam mendapatkan pelaporan kegiatan hulu Migas yang dilakukan para kontraktor kontrak kerja sama (KKS) melalui Sistem Monitoring Lifting Minyak dan Gas Bumi (SMLM) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurut Bupati, mewujudkan transparansi lifting Migas merupakan kunci untuk mewujudkan keadilan dan akuntabilitas pengelolaan Migas agar tidak terjadi perselisihan, baik antara pemerintah pusat dan KKKS, maupun antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, atau juga antara pemerintah daerah dengan pemerintah daerah lainnya. Hal tersebut disambut baik oleh Ketua Umum ADPM dan anggota lainnya untuk dimasukkan dalam rekomendasi kerja kepengurusan ADPM 2020-2025. Dalam Munas IV yang dibuka oleh Menteri ESDM RI, Ir. Arifin Tafrif mewakili Wakil Presiden RI ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan-pun melalui Plt. Kepala Dinas ESDM, Hendriansyah, S.T., M.Si., turut mengusulkan Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru sebagai Ketua Harian ADPM. Selain Bupati Muara Enim dan Banyuasin, turut hadir pula Bupati Musi Banyuasin. Setidaknya saat ini keanggotaan ADPM terdiri dari 21 provinsi, 59 kabupaten, termasuk didalamnya Kabupaten Muara Enim dan 8 kota. (rilis)

Author: InilahMuaraEnim