Drs. H. Nasrun Umar (HNU) Resmi Jabat Bupati Muara Enim

Drs. H. Nasrun Umar (HNU) Resmi Jabat Bupati Muara Enim

Palembang, inilahmuaraenim.co.id-Bertempat di Griya Agung Kota Palembang, Selasa petang (11/05/21)Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru atas nama Presiden Republik Indonesia secara resmi melantik dan mengambil sumpah Dr H Nasrun Umar SH MM sebagai Penjabat Bupati Muara Enim, .

Dr H Nasrun Umar SH MM dilantik didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131.16-1127 tanggal 6 Mei 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Setelah  sebelumnya menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim menggantikan Bupati definitif H Juarsah SH akhirnya resmi menduduki jabatan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dengan demikian, selama melaksanakan tugas sebagai Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM sementara melepaskan jabatannya sebagai Sekda Provinsi Sumatera Selatan dan akan fokus sebagai kepala daerah di Kabupaten Muara Enim.

Gubernur menjelaskan, pengangkatan Dr H Nasrun Umar SH MM sebagai Pj Bupati Muara Enim merupakan diskresi atau keputusan yang diambil dan ditetapkan oleh pejabat pemerintahan, dalam hal ini Mendagri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

“Dalam ketentuannya, Mendagri dapat mengambil keputusan dan tindakan untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Muara Enim, sehubungan dengan kondisi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Sehingga menciptakan tertib penyelenggaraan administrasi pemerintahan, memberikan kepastian hukum, mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah,” jelasnya.

Dengan  demikian, pengangkatan Pj Bupati ini, menurut Gubernur akan memberi keleluasaan bagi penjabat yang dilantik untuk mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di Bumi Serasan Sekundang.

“Kekayaan SDA Muara Enim ini sangat banyak.  Ini harus dikelola dengan baik sehingga kekayaan SDA tersebut berbanding dengan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Termasuk soal peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Dimana Gubernur Herman Deru meminta, Nasrun Umar dapat memberikan pelayanan merata untuk seluruh masyarakat kabupaten Muara Enim.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada Dr H Nasrun Umar SH MM sebagai Penjabat Bupati Muara Enim. Semoga ilmu dan pengalaman selama ini sebagai Sekda Provinsi Sumsel bisa diterapkan di Kabupaten Muara Enim,” tutup  Gubernur Sumsel H Herman Deru

Apalagi, lanjutnya, Muara Enim merupakan kabupaten yang kaya akan Sumber Daya Alam. Sebab itu, untuk mengelolanya dibutuhkan sosok figur yang tepat sehingga dapat semakin maju.

Dalam sambutannya  Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM memohon doa dan dukungan semua pihak agar dirinya mampu bekerja dengan baik, menjalankan tugas dan amanah secara profesional demi akselerasi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Muara Enim, semoga saya bisa berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Pada  kesempatan itu dilaksanakan pula pengangkatan Hj Renny Devi Nasrun Umar sebagai Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim yang ditandai dengan penyematan pin PKK oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Ny Febrita Lustia Herman Deru.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Muara Enim dan turut disaksikan secara virtual oleh masing-masing perangkat daerah dan camat di Kabupaten Muara Enim. (Ccn/ Pemkab Muara Enim)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *