inilahmuaraenim.co.id

Juarsah Tinjau Lokasi Yang Sering Banjir dan Targetkan Kota Muara Enim Bebas Banjir

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id-Terkait banjir yang sering terjadi dalam kota Muara Enim beberapa hari yang lalu, pada Sabtu (06/06/20) jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim seperti Plt Bupati Muara Enim, Sekda Muara Enim Ir. H. Hasanuddin, M.Si didampingi oleh Asisten II Perekobang dan Kadin PUPR, Kadin PERKIM, Camat Kota Muara Enim, Danramil Kota dan OPD lainnya bersama masyarakat Kelurahan Pasar I melakukan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air yang ada jalan protokol Jenderal Sudirman dilingkungan RT 04 EW 03 Kelurahan Pasar I Muara Enim.

Plt Bupati Muara H. Juarsah dibincangi usai kegiatan mengatakan kegiatan ini sebagai tindakan awal penanganan banjir yang sering terjadi di wilayah kota Muara Enim khusus di RT 04 RW 03 Kelurahan Pasar I ia juga menjelaskan bahwa pada bulan ramadhan kemarin dirinya bersama jajaran telah melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi banjir.

“kita bersihkkan dulu lokasi yang banjir target kita bersama Sekda dan OPD untuk akan normalisasi aliran air atau siring yang ada di lingkungan Pasar I ini khususnya dan wilayah Muara Enim kota pada umumnya jika saluran air atau siring kita yang perlu dilebarKan kita lebarkan, yang perlu didalami akan perdalam dan begitu juga dengan gorong-gorongnya,” lanjutnya

“Karena kota Muara Enim seharusnya tidak banjir kita merupakan daerah tinggi bukan daerah rawa, mestinya banjir tidak karena kita ada aliran air yang menuju sungai Muara Enim, dan ke depan target kita Muara Enim kota bebas banjir tapi itu tentu butuh proses semudah membalikkan telapak tangan. untuk itu kita tekadkan bersama-sama dukung kami pemerintah, yang pertama jaga lingkungan harus bersih dari sampah jika nyapu atau buang sampah jangan dibuang ke aliran air atau siring,” himbaunya

Ditanya mengenai pelebaran siring yang berada dijalan negara selama ini menjadi kendala dikarenakan bukan kewenangan daerah, Juarsah menjawab bahwa kenapa tidak bisa karena jalan yang merupakan kewenangan Propinsi atau pusat tapi mengenai saluran air atau siring dapat dilakukan pelebaran tergantung kebijakan daerah, tambah Juarsah apalagi ini untuk kepentingan rakyat tentunya melalui mekanisme yang benar dan akan segera dicarikan solusi yang terbaik guna pemecahan masalah banjir yang sering terjadi di lingkungan kota Muara Enim.

“Untuk itu kegiatan gotong royong kebersihan ini akan kita lalukan secara rutin bukan hanya disatu tempat tapi diseluruh wilayah Kabupaten Muara Enim guna mengantisipasi banjir, tandasnya.

Camat Muara Enim Asarli Manudin didampingi Sekcam Husni Thamrin mengatakan bahwa pihaknya telah mempelajari kejadian banjir yang sering terjadi di wilayah Pasar I tersebut, ia menjelaskan bahwa perlu penanganan serius agar kejadian banjir tidak akan terulang lagi.

Salah Satu Warga Kelurahan Pasar I yakni warga RT 04 RW 03 Taufik Firdaus mengatakan bahwa penanganan banjir ini harus dituntaskan jangan hanya ditinjau saja, karena menurutnya warga tidak perlu ditinjau karena sudah sering ditinjau, dirinya mengusulkan agar dibuat aliran pembuangan menuju sungai Enim disamping pelebaran dan pendalam siring yang sudah ada, agar tidak terjadi banjir lagi. (Ccn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *