inilahmuaraenim.co.id

Lagi PTBA Bina Kampung Proklim Tingkat Nasional

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id-Telah yang menjadi komitmen PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam mengimplementasikan tanggung jawab Perusahaan kepada lingkungan dan pemangku kepentingan atau stakeholder lainnya sebagai Bentuk tanggung jawab PTBA tersebut dapat dirasakan masyarakat secara langsung melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) selama ini, diantaranya melahirkan Program Kampung Iklim (Proklim).

Dalam rilis resmi, Sekretaris Perusahaan  PTBA, Apollonius Andwie melalui Manajer Humas, Iko Gusman, Kamis (20/8/2020), menyampaikan bahwa sebelumnya pada tahun 2018, keberhasilan PTBA membina Program Kampung Iklim (Proklim) telah meraih penghargaan desa binaan Proklim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) kategori Proklim Utama yang diraih oleh Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Dan pada tahun 2020 ini, PTBA kembali melakukan upaya Desa Binaan Program Kampung Iklim untuk wilayah Semende Darat Ulu kabupaten Muara Enim untuk dibawa Tingkat Nasional. Dari 3 Desa dan 10 Kampung atau Dusun yang telah dibina CSR PTBA untuk menunjang proklim lestari, terpilihlah 6 Dusun  yang diajukan dan layak untuk mengikuti penilaian Program Kampung Iklim kategori utama.

Keenam dusun tersebut  terdiri 2 dusun asal Desa  Danau Gerak, 3 dusun asal   Desa Tanjung Agung dan 1 dusun asal Desa Tanjung Tiga. Adapun nara sumber lomba  terdiri dari perangkat desa,  Kades, Kadus dan Ibu ibu PKK perwakilan dari masing masing desa terpilih.

Kemudian, sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap binaan desa tersebut PT Bukit Asam Tbk telah memberikan bantuan bibit Sawit (Pucuk Merah) sebanyak 500 batang di masing masing desa yang telah diserahkan pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu.

“Dengan membina Proklim ini, kami berharap bisa terus memberikan kontribusi dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui Proklim. Selain itu kegiatan Proklim ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah masing – masing,” harap Iko Gusman.

Untuk menilai sejauh mana program pembinaan itu dijalankan CSR PTBA, Tim Verifikasi Proklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Direktorat Jenderal Perubahan Iklim Pemerintahan Sumatera Selatan melakukan lawatan  ke Desa-desa binaan CSR PTBA. Salah satunya Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Laut   Kabupaten Muara Enim. Desa inilah desa binaan CSR PTBA yang diikut sertakan dalam lomba Kampung Proklim tingkat Nasional tahun 2020. Kunjungan tim yang beranggotakan Heri  Mulyono dari Balai Pencegahan Perubahan Iklim Kebakaran Hutan Lahan Wilayah Sumatera dan Yeni Marcia dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dan Pertanahan Propinsi Sumatera Selatan dilakukan selama tiga hari, pada Selasa-Kamis/18-19 Agustus 2020

Tim dari DLH Muara Enim yang ikut serta dalam kunjungan tersebut, Khusnul Muassiroh, ST., M.Sc., disela verifikasi mengatakan  Proklim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Sementara itu, Kepala Desa Danau Gerak, Hendri, salah satu Desa yang dikunjungi Tim Verifikasi, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Tim Proklim DLH Sumsel di Desa Danau Gerak dan Desa Lainnya, terutama kepada CSR PT Bukit Asam Tbk. “Khusus kepada PTBA kami sangat berterima kasih telah membina desa kami sehingga masuk verifikasi kategori proklim utama,” katanya.  Pihaknya berharap dari penilaian ini  dapat terpilih sebagai Proklim Utama Tingkat Nasional Tahun 2020.

Beberapa tim CSR PTBA yang hadir  dalam kesempatan verifikasi tersebut antara lain Asisten Manager CSR, Hartoyo, Budiman Arsyad, dan Herman Ucok dari Satuan Kerja Humas. (ccn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *