Muara Enim Kembali Sabet Penghargaan Anugerah KPAI 2022

0

Jakarta, inilahmuaraenim.co.id- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menetapkan Kabupaten Muara Enim kembali atau Bumi Serasan Sekundang sebagai salah satu pemerintah kabupaten terbaik di Indonesia dan terbaik pertama di Provinsi Sumsel, penghargaan tingkat nasional. tersebut menilai berkomitmen Kabupaten Muara enim terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP).

Penghargaan berupa tropi dan sertifikat diterima Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP Msi yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakat dan SDM, Amrullah Jamaluddin SE  dari Ketua KPAI di Hotel Red Top, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Anugrah dari KPAI  tersebut  disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE MSi. Menurut Pj Bupati, Kurniawan penghargaan ini tak lepas dari kerja keras dan kesungguhan jajarannya, khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim dalam menyajikan pelaporan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak secara akurat dan komprehensif.

Lebih lanjut dirinya berharap melalui penghargaan yang telah diterima tersebut dapat lebih memacu Pemkab Muara Enim dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan dalam memenuhi hak-hak anak dan memberikan perlindungan terhadap anak.

KPAI Award ini sendiri merupakan bentuk apresiasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia kepada semua pihak atas inisiasi, komitmen, Inovasi dan praktik baik yang terus bertumbuh di Indonesia baik dilakukan oleh pemerintah maupun instansi vertikal dalam memperjuangkan hak dan perlindungan anak di Indonesia.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh Kementrian, Pemerintah Daerah, instansi vertikal dan organisasi kemasyarakaran khususnya kepada Pemkab Muara Enim yang telah berkomitmen perkuat sinergi semua pihak untuk menjamin perlindungan dan pemenuhan hak anak-anak Indonesia,”  terang Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspa Yoga pada kesempatan tersebut.

Ketua KPAI, Susanto berharap pemberian Anugerah KPAI ini dapat menjadi pemantik para pemangku kepentingan untuk terus berinovasi dalam kebijakan dan program yang berdampak besar bagi upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

Susanto mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada kementerian, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota ini berdasarkaan komitmen mereka dalam penyelenggaraan perlindungan anak atas laporan capaian perlindungan anak berbasis SIMEP (Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan).

SIMEP merupakan layanan pelaporan capaian perlindungan anak oleh kementerian/lembaga serta pemerintah daerah, sebagai bentuk inovasi KPAI menjalankan tugas pengawasan dalam Pasal 76 UU 35 Tahun 2014 Tentang perlindungan Anak.

“Pemangku kepentingan diharapkan terus melakukan inovasi dan kepeloporan di masyarakat tumbuh karena itu sangat penting, dan perbaikan-perbaikan pada aspek layanan juga terus ditingkatkan,” ungkap Susanto.

Diketahui dalam Anugerah KPAI 2022 ini, KPAI memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten dengan kriteria sebagai berikut: Pertama, tentang komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten terkait perlindungan anak.

Kedua, penilaian berdasarkan data dan informasi serta skoring nilai melalui Aplikasi SIMEP PA terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, meliputi Indikator Pemenuhan Hak Anak (PHA), Perlindungan Khusus Anak (PKA), Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), dan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD).

Ketiga, Inovasi kebijakan dan program terkait penyelenggaraan perlindungan anak, dan Keempat dampak, implementasi dari kebijakan atau regulasi dan program yang lebih luas terhadap upaya penyelenggaraan perlindungan anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muara Enim Vivi Mariani, mengucapkan terimakasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim yang telah bersinergi bersama mewujudkan komitmen untuk memberdayakan perempuan dan melindungi hak anak di Kabupaten Muara Enim. Sementara itu Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkab Muara Enim yang dinilai telah baik dalam pelaporan perlindungan anak berbasis SIMEP.

Turut hadir dalam Anugerah KPAI Tahun 2022 pagi itu mendampingi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Dinas PPA Kabupaten Muara Enim Vivi Mariani bersama jajaran, Kepala Diskominfo Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi AP MSi, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Diskominfo Kabupaten Muara Enim, Abdul Roni Darus.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *