Muara Enim Raih Sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia Di IGA Award 2021

0

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id– Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), Dr. Eko Prasetyo P.P., S.Si., M.Si., M.A.  Rabu (29/12) kemarin melalui Plh. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) , mengumumkan Pemkab. Muara Enim sebagai peringkat 4 nasional pemerintah kabupaten paling inovatif di Indonesia dalam anugerah Innovative Government Award (IGA) 2021. Penghargaan yang diserahkan secara daring oleh Mendagri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., kepada Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., ini menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai kabupaten paling inovatif di luar Pulau Jawa dari total 415 kabupaten di Indonesia.

Dalam Surat Keputusan Mendagri Nomor 002.6-5848 Tahun 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, Kota Tahun 2021, skor indeks inovasi Kabupaten Muara Enim mencapai 62,97 atau peringkat 4 setelah Kabupaten Banyuwangi, Wonogiri dan Bogor. Pj. Bupati-pun mengucapkan rasa syukur dan bahagianya atas penghargaan yang diterima. Namun demikian dirinya menekankan bahwa bukanlah penghargaan yang dikejar, melainkan bentuk konkret atau aksi nyata dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dijelaskannya bahwa inovasi yang dihadirkan merupakan wujud dari semangat dan cita-cita dalam menyelenggarakan reformasi birokrasi di sehingga pemerintah daerah harus pandai mencari peluang, terobosan, wawasan futuristik dan jeli terhadap potensi daerahnya.

Adapun inovasi unggulan Kabupaten Muara Enim yang dianggap luar biasa dan mampu memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan daerah oleh Kemendagri, yaitu Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa), Simpapdes (Sistem Penjaringan dan Penyaringan Aparatur Pemerintah Desa), Panti Rakyat (Program Asuransi Kematian untuk Rakyat), Ayo Ting Ting (Ayo Cegah Stunting dengan Parenting), Si Kuning Online (Penerbitan kartu prakerja secara daring), Mampir Bos (Muara Enim Peluang Investasi Regional melalui Bedah Investasi Online Sistem) dan Madam CSR (Manajemen Daerah Membangun dengan CSR).

Dijelaskan oleh Pj. Bupati masih banyak lagi inovasi unggulan dari tiap-tiap perangkat daerah. Untuk itu dirinya menginstruksikan seluruh perangkat daerah berlomba-lomba dalam berinovasi demi meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Penghargaan ini bukanlah tujuan  akhir bagi kita  tapi yang paling penting adalah bagaimanasetiap  insan ASN dapat berkerja sebaik-baiknya,” tuturnya

“Kita syukuri dan kita jadikan sebagai motivasi bagi seluruh aparat sipil Negara (ASN) untuk dapat berbuat lebih baik bagi negeri ini dan jiwa kita dapat berkorban untuk kepentingan orang lain,”tutupnya (Ccn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *