Pengurus SMSI Muara Enim Masa Bakti 2020-2023 Resmi Dilantik

Pengurus SMSI Muara Enim Masa Bakti 2020-2023 Resmi Dilantik

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.idPada Selasa (03/11/2020)  Bertempat di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS)  Kabupaten Muara Enim Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Muara Enim resmi dilantik oleh Ketua pengurus SMSI Sumatera Selatan Yakni Jon Heri.  Adapun formatur Kepengurusan SMSI Muara Enim yang dilantik yakni Ketua:  Hafizul Ahkam,  S.Pd.I (muaraenimnews.com),  Sekertaris Taufik Firdaus (inilahmuaraenim.co.id), Bendahara Endang Saputra, S.Pd (palugadanews.com) dan 11 Pengurus Lainnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Muara Enim, Forkopimda,  Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno, Manajer Humas PTBA Iko Gusma, SKPD dilingkup Pemkab Muara Enim seperti Plh Asisten I, Kaban Kesbangpol, Kadin Kominfo, Kadin Capil, Kadin Pertanian, beberapa pengurus SMSI Sumatera Selatan seperti Sekretaris dan para Ketua SMSI Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya ketua SMSI Muara Enim Hafizul Ahkam menyampaikan kesiapan SMSI Muara Enim menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada di kabupaten Muara Enim demi terciptanya pembangunan yang kondusif di kabupaten Muara Enim.

 

“Hadirnya SMSI di kabupaten Muara Enim sebagai wadah berkumpulnya para pemilik media Siber di kabupaten Muara Enim sebagai cerminan dan kontrol sosial pembangunan di kabupaten Muara Enim terkhusus terkait pemberitaan.  Apalagi SMSI merupakan organisasi yang resmi menjadi konstituen Dewan Pers setelah PWI sebagai wadah organisasi profesi wartawan yang hadir di kabupaten Muara Enim,”ungkap Hafizul a.

Sementara itu ketua SMSI Sumsel Jon Heri menguraikan hadirnya SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia melihat maraknya media online yang ada saat ini dan berada diluar jalur kaedah jurnalistik.

” SMSI dan PWI ini dia organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMS I terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan dibidang siber yang sudah sangat jauh dari kaedah dan aturan jurnalistik,”urainya.

Selanjutnya Jon Heri menyatakan SMSI ini diresmikan ditahun 2015 di Pusat dan bertugas membimbing media siber yang ada untuk memenuhi syarat-syarat yang disyaratkan Dewan Pers menuju perusahaan media yang profesional.

“SMSI ini mempunyai wewenang melakukan bimbingan bagi para pilih media siber untuk melengkapi segala bentuk kelengkapan sebagai media hingga tidak terjerat UU ITE.  Maka itu mari bagi kawan-kawan yang memiliki website untuk melengkapi segala persyaratan yang ada hingga medianya memiliki akta Perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya, ” terang Jhon.

Sementara Plt Bupati Muara Enim H.  Juarah,  SH mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus SMSI Muara Enim dan dia berharap sinergitas antara PWI Muara Enim dan Pemkab Muara Enim dapat terjalin dengan baik terkhusus dibidang pemberitaan.

“Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggung jawab. Memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif. Sehingga terciptanya sinergitas antara SMSI selaku Organisasi Media  yang ada di kabupaten Muara Enim bersama Pemkab Muara Enim,” harapnya.

“Sayapun mengajak rekan-rekan media untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui perannya sebagai kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan dan menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam sebuah demokrasi, terdapat empat pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif sebagai fungsi pemerintahan, legislatif sebagai fungsi aspirasi rakyat, yudikatif sebagai fungsi hukum dan yang terakhir adalah pers yang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial,” pungkasnya.(Ccn)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *