Plh. Bupati Pada Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Pastikan Kabupaten Muara Enim Siap Hadapi Kebakaran Hutan

0

Palembang, inilahmuaraenim.co.id – Plh. Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP., M.Si., @kurniawan.riduan Rabu (22/06/22) hadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 di Griya Agung Palembang. Apel yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru @hermanderu67 tersebut untuk mengantisipasi kewaspadaan dan kesiapan personil dan peralatan melalui deteksi dini penanggulangan bencana. Plh. Bupati mengatakan bahwa Pemkab. Muara Enim siap dalam penanganan dan penanggulangan bencana, dirinya meminta untuk BPBD Muara Enim mengoperasikan pos jaga tiap kecamatan, hingga  penempatan  tiap personil di pos jaga.

 

Plh. Bupati yang juga didampingi Kapolres Muara Enim, AKBP Aris Rusdiyanto, S.I.K., M.Si., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, H. Abdurrozieq Putra, ST., MT menyampaikan bahwa tingkat penyebaran titik api (hotspot) yang sangat luas di daerah Muara Belida dan kecamatan lainnya yang menjadi rawan bencana kebakaran, dengan demikian dirinya meminta kesigapan personil dalam mengantisipasi hal tersebut, dengan deteksi dini wilayah gambut yang mudah terbakar kiranya kebakaran hutan bisa diminimalisir. Dirinya juga meminta kepada BPBD untuk bisa berkoordinasi dengan provinsi dalam informasi dan upaya pencegahan potensi karhutla.

 

Dijelaskan bahwa berdasarkan arahan Gubernur Sumsel selaku Ketua Satgas Karhutla Plh. Bupati mengintruksikan agar setiap personil untuk dapat menjalankan amanah ini dengan seksama. Lebih lanjut dirinya berpesan kepada para camat untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, dengan begitu penyebaran titik api tidak akan semakin meluas, dirinya memastikan pihaknya akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk membantu masyarakat dalam kerawanan bencana. Jikapun terjadi peningkatan skala bencana, dirinya meminta personel yang bertugas harus sudah siap mengevakuasi dan menangani kejadian tersebut dengan prosedur maupun penanganan yang tepat. (rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *