Plt. Bupati Muara Enim Targetkan Tahun Depan Raih Piala Adipura Kencana

0

Jakarta, inilahmuaraenim.co.id – Kabupaten Muara Enim melalui Kecamatan Muara Enim kembali berhasil meraih Piala Adipura. Penghargaan dengan kategori sebagai kota kecil terbersih Indonesia tahun 2022.  Penghargaan tersebut diterima langsung Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M., LL.M., Ph.D., dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Gedung Mandala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (28/02).

Plt. Bupati Muara Enim pada saat itu  didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim, Ir. Kurmin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kecamatan Muara Enim dan para petugas kebersihan yang telah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Plt. Bupati yang hadir bersama Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc., didampingi Ketua TP. PKK. Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami, S.E., menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan ibukota Kabupaten Muara Enim tersebut dalam meraih dan mempertahankan Piala Adipura yang ke-14 kali berturut-turut.

Dalam keterangannya, Plt. Bupati menjelaskan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat melalui atas upaya pengelolaan dan penataan lingkungan perkotaan yang baik, bersih dan teduh, termasuk pengelolaan sampah berdasarkan hasil evaluasi maupun verifikasi kinerja pemerintah daerah.

Disampaikannya bahwa Pemkab. Muara Enim berkomitmen menyelenggarakan pembangunan yang merangkul alam, yaitu pembangunan berwawasan lingkungan dengan memedomani prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan (sustanable development). Dirinya menargetkan di tahun yang akan datang harus meraih predikat tertinggi, yaitu Piala Adipura Kencana.

“Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kecamatan Muara Enim dan para petugas kebersihan yang telah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” tutur Kaffah.

Sementara itu Menteri LHK menerangkan bahwa dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, terdapat 258 kabupaten/kota atau 52% yang dinilai sehingga kemudian tahun ini ditetapkan 5 kabupaten/kota meraih Piala Adipura Kencana dan 80 kabupaten/kota merakh Piala Adipura, sedangkan sebagian lagi, yaitu 4 kabupaten/kota meraih Plakat Adipura dan 61 kabupaten/kota Sertifikat Adipura.

“Pada  kesempatan kali ini, kami, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan bangga memberikan penghargaan Adipura kepada Kepala Daerah yang telah bekerja keras dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik,” urai Siti Nurbaya.(ADV/Ccn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *