Plt. Sekda Mengevaluasi Sistem Tatakelola Pelayanan Publik Pada Unit Kerja Penyelenggara

0

Tingkatkan Kepuasan Masyarakat Atas Tatakelola Pelayanan Publik. Plt. Sekda Mengevaluasi Sistem Pelayanan Pada Unit Kerja Penyelenggara
.
Dalam rangka melakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan masyarakat atas tatakelola pelayanan publik, Plt. Sekretaris Daerah kabupaten Muara Enim dr. Yan Riyadi, M.A.R.S., didampingi Plt. Asisten Administrasi Umum H. Riswandar, S.H., M.H., melaksanakan rapat pembahasan mengenai sistem tatakelola pelayanan publik yang diikuti oleh unit-unit penyelenggara yang berhubungan langsung dengan masyarakat diantaranya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan RSUD dr. H. M. Rabain. Acara tersebut bertempat diruang rapat serasan sekundang Kabupaten Muara Enim, Rabu (23/12).
.
Dalam keterangannya Plt. Sekda menjelaskan dengan berdasarkan analisis data, capaian kepuasan masyarakat atas pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim tahun 2020 sudah mengalami peningkatan. Plt. Sekda menambahkan bahwa unit kerja pelayanan yang dimaksud diantaranya Dinas Dukcapil dengan indeks kepuasan masyarakat sebesar 83.95 %, DPMPTSP dengan indeks kepuasan masyarakat sebesar 80.96 %, dan RSUD dr. H. M. Rabain dengan indeks kepuasan masyarakat sebesar 81.26 %. secara umum ketiga unit kerja tersebut telah terkategori baik dengan capaian angka indek sebesar 81.26 % pada mutu B (baik).
.
Plt. Sekda tekankan bahwa survei kepuasan masyarakat pada dasarnya merupakan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari unit penyelenggara pelayanan publik. hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017. Namun demikian Plt. Sekda berharap terkait yang menjadi perhatian utama atas hasil survei tersebut, adalah keharusan adanya rumusan tentang saran perbaikan dari pemberi layanan yang disurvei mengingat bahwa tujuan dari survei itu sendiri adalah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. (Rilis)

Tinggalkan Balasan