Rumah Adat Tunggu Tubang Jadi Kebanggaan Pada Festival Anjungan Sumatera Selatan

0

Palembang, inilahmuaraenim.co.id – Plh. Bupati Muara Enim, Kurniawan, A.P., M.Si., didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari, S.STP., M.Si., Kamis (23/06/22) memperkenalkan rumah adat atau anjungan Tunggu Tubang pada Festival Anjungan Sumatera Selatan tahun 2022, bertempat di Kawasan Dekranasda Jakabaring, Palembang. Kegiatan yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Febrita Lustia Herman Deru dan Wakil Ketua TP PKK, Hj. Fauziah Mawardi Yahya, tersebut juga menampilkan 16 anjungan rumah adat yang bercirikan warisan budaya masing-masing kabupaten/kota di Sumatera Selatan, yang nantinya akan dinilai dan dipilih sebagai pemenang pada Festival Anjungan Sumsel tahun 2022.

 

Sebagai kepala kepala daerah, Plh. Bupati didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kab. Muara Enim Drs. Emran Tabrani, M.Si., sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Sumsel ini, menurutnya festival anjungan rumah adat merupakan bentuk upaya bersama dalam mempertahankan warisan leluhur yang kaya akan nilai-nilai sejarah dan baik untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas sebagai objek unggulan wisata daerah. Lebih lanjut, Plh. Bupati berharap kedepan melalui festival anjungan Sumsel ini, Kabupaten Muara Enim akan semakin dikenal oleh masyarakat luas melalui kearifan lokal, dan wisata alamnya.

 

Dihadapan para dewan juri yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Fauziah Mawardi Yahya, saat berkunjung ke Rumah Adat Tunggu Tubang Kab. Muara Enim, Ketua TP PKK Kab. Muara Enim, Nurmala Sari, S.STP., M.Si., menjelaskan dengan detail nilai sejarah dan keragaman kuliner yang dimiliki masyarakat Bumi Serasan Sekundang. Menurutnya, sebagai salah satu daerah yang kaya akan adat istiadat dan warisan budaya yang beragam, Kab. Muara Enim siap berkontribusi membangkitkan dan mengembangkan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat daerah hususnya di Sumatera Selatan.(rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *