inilahmuaraenim.co.id

Sebelum Lebaran Bantuan Sembako, PKH dan BLT Pemkab Muara Enim Di Bagikan


Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id-Dampak Covid-19 yang melanda di Kabupaten Muara Enim mungkin dapat sedikit teratasi, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan segera mennyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak covid-19 sebelun Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.


Namun kebijakan itu masih melalui prodesur yang telah ditetap karena dan khususnya bantuan tunai yang dari rencana yang telah dijadwalkan hanya 10 Kelurahan dari 3 Kecamatan di Kabupaten yang dapat menikmatinya yakni Kecamatan Muara Enim, Lawang Kidul dan Gelumbang.


Menurut  Plt Bupati Muara Enum H. Juarsah, SH melalui Juru Bicara Covid-19 Panca Surya Diharta bahwa pada Kamis (14/05/20) dikonferensi Pers mengatakan bantuan dampak covid-19 yang direncanakan  akan disalurkan kepada seluruh masyarakat Muara Enim belum dapat dilaksanakan karena terkendala izin menteri belum yang  turun sampai saat ini.

“Sedangkan bantuan yang kita berikan menjelang Lebaran ini adalah bantuan yang berasal dari APBD Pemkab Muara Enim berupa sembako yaitu program Bantuan Sosial Tunai (BST) yang jumlahnya terbatas karena data penerima BST tersebut adalah masyakat yang belum tercover oleh bantuan pusat baik PKH ataupun BLT yang terdapat di setiap Kelurahan dan BST ini hanya diberikan satu kali saja tidak rutin” jelas Panca.

“Penyaluran bantuan yang seyogyanya diterima masyarakat selain terkendala izin menteri juga terkendala Surat Edaran KPK  No. 11 Tahun 2020, tanggal 21 April 2020 tentang Penerima bantuan terdampak covid-19 tidak boleh teregistrasi dengan program penerima bantuan PKH dan BLT,” urainya

“Jadi masyarakat yang menerina bantuan sembako Pemkab ini belum pernah mendapat bantuan sebelumnya dan tidak terdata sebagai penerima program PKH dan BLT serta tidak termasuk sebagai ASN, Anggota Polri dan TNI serta BUMN,” tambahnya

“Kami informasikan bahwa bagi masyarakat yang terdaftar dalam program bantuan PKH dan BLT akan segera menerima bantuan baik masyarakat yang ada di kelurahan maupun desa dan akan dibagikan sebelum lebaran,” lanjutnya.

Seperti halya di Kelurahan Pasar I Kecamatan Muara Enim menurut Lurahnya Miftah Sari, S.IP, M.Si ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa dari data awal yang diusulkan penerima BST berupa Sembako berjumlah 710 orang namun setelah di kaji ulang menjadi 468 orang, karena 70 sudah terdaftar sebagai penerima PKH bantuan yang berasal dari Kementrian dan penerima BLT 172 orang yang berasal dari pusat,” jelas Miftah


“Sebagai Contohnya untuk RT 04  RW 03 dari usulan semula 68 orang menjadi 50 orang, jadi dengan telah diberikan bantuan ini kepada masyarakat khususnya masyarakat kelurahan Pasar I baik bantuan APBN maupun APBD akan tepat sasaran dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.


“Jadi kita beritahukan kepada masyarakat bukannya pemerintah pilih kasih, jadi jangan salah faham, kita sudah berusaha mendata dengan sebaik-baiknya dan sudah sesuai aturan yang ada,” bebernya lagi.


“Semoga masyarakat kita menjadi makmur tidak ada kekurangan setelah menerima bantuan ini, ” tutupnya.(Ccn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *