Persiapan Pilkades Muara Enim Mendapat Pujian Kemendagri dan Kementerian Desa RI

Persiapan Pilkades Muara Enim Mendapat Pujian Kemendagri dan Kementerian Desa RI

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id–Melalui pertemuan virtual Pemantapan Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 pada  Kamis (14/10) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd., dan Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa (FPDD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDT Trans) RI, Drs. H. Luthfy Latief, M.Si., memuji langkah strategis dan persiapan yang dilakukan Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H.,M.M., dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Muara Enim 2021.

Pj. Bupati Muara Enim yang hadir dari ruang pusat komando (command center) Kantor Bupati Muara Enim, bersama Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Inf. Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr. (Han) dan Kabag Operasional Polres Muara Enim, Willian Harbensyah, S.I.K., M.H., ini menyampaikan tahapan yang telah dilakukan, kekuatan personel, skema antisipasi dan penanganan konflik, penerapan protokol kesehatan hingga  sumber dana maupun alokasi pembiayaan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Muara Enim. Menurut Dirjen Bina Pemerintahan Desa yang didampingi Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa (PAPD) Kemendagri, Pj. Bupati telah menyampaikan semuanya secara detil dan komprehensif sehingga menunjukkan bahwa Kabupaten Muara Enim siap menyelenggarakan Pilkades yang dilaksanakan pada hari ini. Pj. Bupati yang didampingi Pj. Sekda, Drs. Emran Tabrani, M.Si dan kepala perangkat daerah terkait menegaskan bahwa Pemkab. Muara Enim berkomitmen menyelenggarakan Pilkades dengan aman, tertib dan sesuai dengan prosedur maupun ketentuan yang berlaku, termasuk konsistensi dalam penerapan protokol kesehatan.

Demikian halnya Direktur FPDD, Kemendes-PDT Trans menilai alokasi pembiayaan dana desa untuk Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Muara Enim sudah tepat dan tentunya dengan syarat dan penggunaan yang akuntabel. Pj. Bupati-pun menyampaikan terima kasihnya atas atensi dan pengarahan dari kementerian terkait. Dirinya juga menyampaikan bahwa Pemkab. Muara Enim masih terus mengharapkan panduan dan pendampingan dalam penyelenggaraan Pilkades ini sehingga semuanya dapat berjalan lancar dan pada akhirnya mengantarkan pada Pilkades yang damai dan berkualitas.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *