Pj. Sekda Turut Resmikan Rumah Keadilan, Untuk Mudahkan Proses Penegakan Hukum

0

Ujanmas, inilahmuaraenim.co.id- Mudahkan proses penegakan hukum pada tindak pidana umum ringan dengan tanpa melalui proses peradilan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Kejaksaan Negeri Muara Enim luncurkan program rumah perdamaian atau restorative justice di Desa Muara Gula Baru, Kecamatan Ujanmas, Pada Kamis siang (16/06/22). Bertempat di Kantor Kepala Desa Muara Gula Baru, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Drs. Emran Tabrani, M.Si., dan juga Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim, Irfan Wibowo, S.H., serta unsur Forkopimda, berharap dengan diresmikannya rumah perdamaian ini nantinya dapat menjadi solusi cepat dalam penyelesaian tindak pidana yang dikategorikan ringan tanpa harus melalui persidangan.

 

Lebih lanjut, Pj. Sekda mengharapkan melalui program rumah perdamaian tesebut dapat menjadi contoh dalam menghidupkan peran serta dari tokoh masyarakat dan juga tokoh agama dalam memutuskan perkara dengan berorientasi pada penegakan hukum yang substantif. Lebih lanjut, dirinya menilai dengan cakupan wilayah dan letak geografis Kab. Muara Enim yang cukup luas, maka kebutuhan terhadap pelayanan hukum bagi masyarakat yang mudah dan cepat sangatlah dibutuhkan, sehingga kedepan pembentukan rumah perdamaian atau restorative justice ini akan terus ditambah guna memberikan pelayan hukum yang optimal.

 

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan Pemkab. Muara Enim untuk bersama mewujudkan pelayanan hukum yang cepat dan mudah bagi masyarakat. Selain itu, dirinya menegaskan bahwa keadilan restoratif bisa diterapkan jaksa dengan menghentikan penuntutan jika perkara dinilai lebih layak diselesaikan di luar jalur peradilan, dengan berpedoman pada Peraturan Kejaksaan Agung Nomor 15 Tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif. (rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *