Pj. Bupati Muara Enim Dorong Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan

0

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id – Melalui Gelar Penyusunan RKPD Tahun 2023 penyerapan aspirasi masyarakat yang dihasilkan dari Musyawarah Rencana dan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dan desa, serta pokok pikiran legislatif dari laporan hasil reses yang dilakukan, Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., berkomitmen selaraskan arah kebijakan pembangunan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan menuju Kabupaten Muara Enim yang sejahtera. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, pada Selasa (22/02) di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Bappeda.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati yang hadir bersama Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Muara Enim H. Hermanadi, menyampaikan bahwa untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang bersifat aspiratif, tentunya diperlukan koordinasi, konsultasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan dari seluruh pemangku kepentingan. Dirinya menilai hal ini sangatlah diperlukan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan kedepan, yang nantinya dapat dilakukan pembahasan dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022.

Lebih lanjut, Pj. Bupati menegaskan dalam penyusunan rancangan RKPD Tahun 2023 agar mempedomani kebijakan penganggaran yang berbasis pada program prioritas pembangunan daerah dan nasional. Kemudian penyusunan perencanaan pembangunan agar dilakukan dengan pendekatan THIS, yaitu Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial dengan memperhatikan seluruh dimensi yang ada. Serta diharapkan semua perangkat daerah dapat menyusun program yang tepat sasaran dan tepat guna untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, sehingga target penurunan angka kemiskinan dapat dicapai. Dirinya menambahkan agar penguatan ekonomi masyarakat menuju Muara Enim mandiri dengan memperhatikan kharakteristik dan potensi wilayah. Pj. Bupati berharap penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2023 dilakukan secara proporsional, berdasarkan prioritas pembangunan yang telah disepakati sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target yang telah kita tetapkan.(Ccn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *