Pj. Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Perpusnas RI Berkat Menggiatkan Literasi dan Perpustakaan Desa/Kelurahan

Pj. Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Perpusnas RI Berkat Menggiatkan Literasi dan Perpustakaan Desa/Kelurahan

Palembang (Muara Enim), inilahmuaraenim.co.id–Pada Festival Literasi Sumatera Selatan tahun 2021 di Bukit Siguntang, Kota Palembang pada Sabtu (06/11) Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M.,mendapatkan apresiasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia karena Keseriusan dan komitmen dalam membina dan memajukan perpustakaan di Kabupaten Muara Enim.

 

Penyerahan piagam penghargaan dari Kepala Perpusnas RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M., kepada Pj. Bupati yang juga menjadi satu-satunya kepala daerah kabupaten/kota yang menerima apresiasi  Perpusnas menilai Pj. Bupati sebagai pembina perpustakaan dan gerakan literasi di daerah berhasil menggiatkan peran maupun fungsi perpustakaan hingga ke tingkat desa/kelurahan di Kabupaten Muara Enim.

 

Pj. Bupati yang didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Dihata, S.H., menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima. Menurutnya hal tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat, khususnya Perpusnas RI atas kesungguhan dan kerja keras para pustakawan, baik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan maupun di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan di Kabupaten Muara Enim dalam menggiatkan gerakan literasi dan pengelolaan perpustakaan. Tak salah kiranya, Pj, Bupati mencontohkan Perpustakaan Desa Pandan Enim, Kecamatan Tanjung Agung meraih Perpustaaan Desa terbaik I di Sumatera Selatan dan salah satu yang terbaik di tingkat nasional.

 

Lebih lanjut Pj. Bupati menargetkan agar di setiap desa/kelurahan harus memiliki perpustakaan sehingga memberikan akses luas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi maupun pembelajaran.  Dalam kesempatan ini-pun, Ketua TP. PKK. Kabupaten Muara Enim, Hj. Renny Devi Nasrun Umar dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Muara Enim. Pemkab. Muara Enim juga turut memeriahkan Festival Literasi Sumsel 2021 dengan menghadirkan pameran yang mengangkat kebudayaan lokal bertemakan ‘Adat Tunggu Tubang dalam Literasi’ (Prokopim)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *