HNU Targetkan Herd Immunity Muara Enim Tertinggi di Sumsel

HNU Targetkan Herd Immunity Muara Enim Tertinggi di Sumsel

Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Rabu (04/11) dalam orasi ilmiahnya berjudul ‘Peran Petugas Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19’ pada Wisuda ke-20 dan Dies Natalis ke-21 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bina Husada di Gedung Golden Sriwijaya, Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang mengatakan Kabupaten Muara Enim ditargetkan mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) tertinggi di Sumatera Selatan melalui capaian 70% masyarakat telah divaksin pada Desember 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan  Dirinya menegaskan bahwa pencapaian yang saat ini diperoleh maupun target yang akan diraih kedepan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Muara Enim tak lepas dari strategi komprehensif yang telah dilakukan, termasuk peran tenaga kesehatan.

 

Dihadapan para wisudawan, yang juga dihadiri Plh. Bupati Ogan Komering Ulu, Drs. H. Edward Candra, M.H., Pj. Bupati menjelaskan bahwa selain melakukan upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran), dan testing (pengujian) yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dalam upaya preventif mendeteksi sebaran kasus Covid-19, Pemkab. Muara Enim juga memperkuat upaya kuratif dan rehabilitati dengan melengkapi sarana prasarana pendukung rumah sakit, Puskesmas, rumah sehat dan fasilitas kesehatan lainya serta pemenuhan  pengobatan dan penyembuhan pasien. Pj. Bupati yang didampingi oleh Kabag Kerja Sama, Husin Aswadi, S.E., M.M., menjelaskan bahwa dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia, khususnya aparatur sipil negara dibidang kesehatan, maka telah menjalin kerja sama dengan Stikes Bina Husaya yang diwujudkan pada penandatanganan naskah kesepakatan bersama pada 12 Agustus lalu tentang pendidikan, penelitian, pengembangan inovasi dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Lebih lanjut dalam orasinya Pj. Bupati memaparkan bahwa strategi yang dijalankan Pemkab. Muara Enim telah mampu menurunkan angka khasus Covid-19 di Kab. Muara Enim, dukungan dari petugas kesehatan sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting pada setiap level intervensi penanganan Covid-19. Selain itu, Pemkab. Muara Enim juga melakukan upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran), dan testing (pengujian), pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 melalui Keputusan Bupati Muara Enim Nomor 355/KPTS/BPBD/2020, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 15 Tahun 2020, dan implementasi Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) melalui Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 37 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru serta percepatan vaksinasi di setiap lapisan masyarakat.

 

Diakhir orasinya, Pj.  Bupati yang juga didampingi Kepala Balitbangda, M. Tarmizi Ismail, S.E., M.Si., Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Selamat Oku Asmana, M.Kes., dan Plt. Direktur RSUD H.M. Rabain, dr. Hendri Yatno, Sp.M. mengucapkan selamat kepada 256 orang wisudawan. Dirinya berharap ilmu yang didapat mampu bermanfaat, diterapkan dengan baik dan membawa kemaslahatan, tidak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi banyak orang. Kemudian Pj. Bupati-pun mengucapkan selamat merayakan Dies Natalis ke-21 bagi Stikes Bina Husada dengan harapan dapat semakin maju dan unggul dalam mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas.(Prokopim)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *