Pj Bupati Muara Enim Tinjau Pelaksanaan PILKDES Serentak

Pj Bupati Muara Enim Tinjau Pelaksanaan PILKDES Serentak

Ujanmas, inilahmuaraenim.co.id-Pesta Demokrasi yang dilaksanakan di Tingkat Desa yang dilaksanakan serentak di 5 Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim untuk memilh Kepala Desa (Kades) untuk 5 tahun mendatang, diketahui  Pilkades kali ini akan diikuti sebanyak 106 desa dalam 20 kecamatan untuk lingkup Kabupaten Muara Enim.

Untuk memastikan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa berjalan lancar, Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M. bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) Kab. Muara Enim, meninjau beberapa titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekaligus melaporkan kondisi terkini terkait jalannya Pilkades serentak kepada Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd, secara virtual dari TPS 01 Desa Tanjung Raman Kec. Ujan Mas, Desa Saka Jaya Kecamatan Muara Enim dan didesa Kuripan Kecamatan Empat Petulai Dangku.

 

Pj. Bupati yang didampingi Asisten Administrasi Umum Ir. Maryana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. H. Rusdi Hairullah, M.Si beserta Kepala OPD terkait menyampaikan terima kasih kepada panitia Pilkades serentak baik dari tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten. Dirinya pula ucapkan terima kasih atas dukungan TNI dan Polri dalam menjaga keamanan serta kondusifitas jalannya Pilkades serentak di Kab. Muara Enim Tahun 2021, Pj. Bupati berpesan kepada seluruh panitia pelaksana untuk dapat bersikap profesional dalam mengawal jalannya pesta demokrasi berjalan lancar serta tetap menerapkan protkol kesehatan di setiap TPS dengan ketat dan disiplin.

“Saya tegaskan bahwa pelaksanaan Pemilu Kades di Kabupaten Muara Enim dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku sertapastikan bahwa pelaksanaan Pilkades akan menjunjung tinggi nilai-nilai keterbukaan, keadilan dan kejujuran, demi mencetak pemimpin yang berkualitas, lanjutnya

 

“Dengan menjaga kebersamaan, bekerjasama dan saling menghargai satu sama lain dan jangan sampai terjadi konplik mari kita sukseskan Pilkades dengan  menerapkan Protokol kesehatan aman , damai dan sukses “, ajak H. Nasrun Umar.

 

“Kita mengharapkan semoga melalui Pilkades serentak ini nantinya dapat menciptakan kepala desa yang berkualitas sehingga mampu membawa desanya lebih baik dengan kebijakan Kepala Desa yang baru namun tetap sinergi dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini pada tingkat kecamatan, tutupnya.

Sementara itu Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd, mengapresiasi Pemkab. Muara Enim, bahwa penerapan protokol kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik dibuktikan dengan penyemprotan disinfektan secara berkala, pengaturan waktu kedatangan, pengaturan jarak kursi tunggu, pemberian sarung tangan sekali pakai kepada pemilih, hingga penjemputan suara bagi pemilih lansia dan pemilih yang sakit.

 

Kepala Desa Tanjung Raman Periode 2016 2021 Jalili, A.Md ditemui disela kegiatan mengatakan bahwa pemilihan Kades di desa Tanjung Raman Kecamatan Muara Enim di lakukan di 4 Tempat Pemungutan Suara  (TPS) di mulai dari pukul 07.30 wib – 12.00 wib dan ia juga menjelaskan bahwa untuk mata pilih berjumlah 1541 dati jumlah penduduk 2044 jiwa.

 

“Didesa tanjung raman tempat pemungutan suara (TPS) terbagi 4 dengan umlah yakni TPS I 382,, TPS II 391, TPS III 380 dan TPS IV 383, sedangkan untuk Calon ada 2 orang yakni Calon 1 Ahmad Baki, Calon 2 Yudi Afrizal yang merupakan Asli putra daerah,” jelasnya.

 

Menurutnya bahwa PILKADES berjalan dengan aman dan kondusif karena dilaksanakan di 4 TPS karena selama ini dilaksanakan di 1 TPS, hal tersebut dilakukan karena masih dalam kondisi Pandemi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

“Masyarakat desa Tanjung Raman sangat antusias dalam pelaksanaan PILKADES masyarakat,  Kepala Desa, kami berharap kepada Kades yang terpilih nanti agar selalu memikirkan masyarakat dan memajukan desa Tanjung Raman,” harapnya. (Ccn)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *