Pj Sekda Muara Enim Hadiri Upacara HUT Infanteri TNI AD ke-73 Tahun

0

Muara Enim, inilahmuaraenim.co.id–Penjabat (Pj.) Sekda Muara Enim Drs.Emran Tabrani menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Infanteri TNI Angkatan Darat ke-73 tahun 2021 di Lapangan Batalyon Infanteri 141 AYJP Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim,Minggu pagi (19/12/2021).

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen, Agus Suhardi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam amanatnya menyampaikan selamat hari Infanteri TNI Angkatan Darat ke-73 tahun 2021.
“Pada hari ini kita dapat mengikuti upacara peringatan HUT ke-73 TNI Angkatan Darat tahun 2001 dalam keadaan sehat walafiat. Secara pribadi dan sekaligus sebagai pembina mengucapkan selamat hari infanteri TNI Angkatan Darat ke-73 tahun 2021, kepada segenap prajurit korps Infanteri beserta keluarga. Terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan Infanteri hingga saat ini,”ucap Pangdam II/Sriwijaya Mayjen, Agus Suhardi mengawali amanatnya.
Pada kesempatan itu juga Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan adanya dokumen penting tentang sejarah masa lalu Infanteri yaitu momentum saat menghadapi agresi Belanda II tanggal 19 Desember 1948 dengan keluarnya perintah kilat Panglima Besar Jenderal Sudirman nomor 1 PB di 1948 dalam menjalankan perintah siasat nomor 1 tahun 1948 untuk melaksanakan siasat pertempuran perang rakyat semesta melawan musuh dengan menggunakan taktik dan strategi prajurit Infanteri melalui aksi infiltrasi dan membentuk kantong-kantong kekuatan sebagai titik kuat pertempuran gerilya.
Pangdam juga menjelaskan, pada peringatan Hari Infanteri ke-73 tahun ini mengambil tema “Infanteri yang solid dan profesional”. Tema tersebut mencerminkan satu kesatuan yang bersatu padu memiliki jiwa korsa yang kuat dan memiliki kemampuan untuk menjadikan kesatuan yang lebih baik memiliki visi yang jauh ke depan sehingga dapat memprediksi tantangan yang akan dihadapi dan menentukan solusi Jauh sebelum tantangan tersebut menjadi kenyataan serta memiliki profesionalisme prajurit yang dapat diandalkan kemampuan dan kemauan bertempur yang tinggi sesuai bidang profesinya sebagai atlet tempur yang tanggap, tangguh, dan trengginas.
Makna tema tersebut juga lanjutnya memancarkan semangat pengabdian ikhlas berkorban pantang menyerah serta mendahulukan kepentingan bangsa dan negara bersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian suatu tugas pertempuran nilai-nilai ketokohan Patriotisme kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Soedirman, nilai-nilai kejuangan profesionalisme dan sifat pantang menyerah serta nilai TNI dengan rakyat harus selalu terpatri dalam jiwa setiap prajurit Infanteri.
Usai upacara Pangdam II/Sriwijaya Mayjen, Agus Suhardi juga menggelar konferensi pers bersama awak media yang sejak pagi meliput kegiatan upacara.
“Kami berharap kegiatan HUT Infanteri ini dapat berpartisipasi kepada seluruh warga masyarakat. Hal ini merupakan sarana kami untuk intropeksi diri untuk mengevaluasi dibalik keberhasilan yang telah kami capai tentunya juga ada kelemahan-kelemahan yang akan kami ekspor itiriti berapa kekuatan, kemudian akan kami eliminir yang berupa kelemahan tentunya ke depan Kami akan lebih semangat, lebih akrab lagi, lebih profesional dan lebih dicintai oleh rakyat dan tentunya hal ini tidak bisa kita selesaikan secara mandiri,”sebutnya.
“Kemarin juga bupati Muara Enim sudah menyampaikan begitu sinerginya seluruh instansi yang ada di kabupaten Muara Enim, TNI Polri, pemerintah daerah bersatupadu untuk menghadapi situasi saat ini agar perekonomian masyarakat menjadi lebih baik lagi. Sementara untuk kegiatan yang kami lakukan, bagaimana kami bersatu padu TNI-Polri membantu pemerintah daerah untuk melaksanakan vaksin dan membatasi kegiatan masyarakat sehingga yang terpapar ini semakin sedikit dan tidak ada lagi,”tutup Pangdam II/Sriwijaya Mayjen, Agus Suhardi dihadapkan awak media.
Sementara itu, Pj Sekda Muara Enim Drs.Emran Tabrani yang hadir mewakili Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim pada kesempatan itu atasnama Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan Dirgahayu Infateri ke-73.
“Di momen HUT Infanteri ke-73 ini saya ucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Infantri Ke-73. Harapan kedepan semoga Pemkab. Muara Enim dalam hal ini bersama TNI bersinergi bahu membahu membangun Kabupaten Muara Enim dalam segala aspek. Dan terkait pembatasan saat hari raya Natal tahun 2021. itu semua semata-mata bentuk pencegahan, agar tidak masuknya Varian virus baru yang kita ketahui sudah adanya kasus positive di Indonesia,”ujarnya singkat.
Sebelumnya pada Sabtu (18/12/2021) kemarin, Pangdam II/Sriwijaya dan rombongan juga meninjau kegiatan dan persiapan Hari Infanteri 141 di Karang Raja, kegiatan bakti sosial sunatan massal serta donor darah yang digelar di Aula Batalyon Infanteri 141 Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *